Monday, February 27, 2012

dimana tempat pemakaian parfum yang efektif?

tentu kita sudah tahu kan apa itu parfum..  bahkan sebagian besar dari kita merupakan pemakai parfum..
ya parfum adalah wewangian untuk tubuh kita dengan harapan selain dapat membuat kita menjadi wangi, tapi juga mungkin untuk dapat menutup bau badan kita yang tidak sedap (atau kalau kita salah pilih parfum, justru baunya makin bikin nek orang lain) atau mungkin untuk menambah rasa percaya diri.

tahukah bahwa parfum juga dibuat untuk dapat menambah daya tarik lawan jens kita (ingat kan iklan Axe, yang menurut saya terlalu lebay sekali,,,)
tapi sebenarnya bagian tubuh mana yang efektif untuk tempat pemakaian parfum.... mungkin sebagian kita sudah tahu tapi belum tahu persis alasannya...
ya... tempatnya adalah di bagian leher kita, tapi mengapa ya..

ini alasannya.. di leher kita banyak terdapat pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit, sehingga kulit di bagian leher kita akan lebih hangat daripada permukaan tubuh yang lain (tentunya untuk bagian yang terbuka ya).. sedangkan parfum merupakan suatu campuran berbagai minyak yang mudah menguap atau sering disebut minyak atsiri.. ketika minyak atsiri dalam parfum ini menguap maka terciumlah bau harum dari parfum yang kita pakai...

karena leher merupakan bagian terhangat dari tubuh kita, maka jika kita menggunakan parfum di leher kita, minyak atsiri yang terkandung akan lebih mudah menguap, dan bau harum akan lebih cepat tercium. pembuat parfum yang baik merancang campuran minyak atsiri menguap pada suhu sekitar 37 derajat celcius, dan suhu ini sesuai dengan suhu yang dapat dicapai pada bagian leher kita.

minyak atsiri dalam parfum sendiri, masing-masing mempunyai titik didih yang berbeda. sehingga yang tercium sebenarnya bau dari minyak atsiri yang mempunyai titik didih terendah diikuti dengan yang mempunyai titik didih yang lebih tinggi. faktanya minyak atsiri menguap secara hampir bersamaan, karena mempunyai titik didih yang hampir sama, sehingga kita sulit untuk membedakan bau setiap minyak atsiri yang bergantian menguap. hanya beberapa orang saja yang peka dan berbakat penciuman yang baik yang dapat membedakannya.

No comments:

Post a Comment