Monday, February 27, 2012

Pembersih batangan (soap bar)

Terdapat dua macam sabun batang, sabun batang biasa yang berbentuk batangan tidak tembus pandang (opaque) dan sabun glyserin yang jernih dan tembus pandang (transculent), keduannya dibuat dengan cara yang berbeda.
Sabun batang biasa dibuat dengan menghidrolisis lemak dan minyak alami (gliserida) untuk menghasilkan asam lemak dan gliserin, gliserin dipisahkan dan asam lemak diubah menjadi sabun dengan mereaksikannya dengan soda api (NaOH) (sabun merupakan garam natrium dari asam lemak). Sabun batang gliserin dibuat dengan tanpa memisahkan gliserin dari produk menghasilkan bentuk yang berbeda dari sabun dengan warna yang transparant setelah disimpan dalam kondisi terkontrol selam 2 bulan.


Telah lama disadari bahwa sabun batang menyebabkan kulit menjadi kering. Terdapat dua pendekatan untuk mengurangi efek ini:

  1. Menyeimbangkan distribusi panjang rantai asam lemak sehingga diperoleh sabun yang lebih lembut. Semakin panjang rantai asam lemak yang digunakan, sabun yang dihasilkan menjadi lembut.
  2. Menambahkan asam lemak ke dalam campuran sabun untuk menghasilkan produk yang disebut sebagai sabun jenuh lemak (superfated soap)

Meskipun sabun yang dihasilkan menjadi lebuh lembut daripada sabun biasa, produk ini populer hanya samapi awal tahn 1960an karena telah ditemukan formula baru yang lebih efektif. Pembersih batangan baru tersebut menggunakan asam lemak isetionat yang merupakan detergen sintetik (syntetic detergent, syndet) serta menambahkan asam lemak sampai lebih dari 20%. Produk ini disebut sebagai Dove yang kurang menimbulkan kekeringan kulit dan masih meninggalkan asam lemak pada permukaan kulit setelah proses pembilasan. 

Asam lemak merupakan salah satu dari tiga tipe lipid yang menyusun lapisan lipid ganda interseluler dari stratum korneum. Tertinggalnya asam lemak setealh penggunaannya Dove akan menggantikan asam lemak alami yang hilang selama proses pembilasan.
 
Karena batang sindet lebih lembut maka menyebabkan efek yang kurang mengeringkan peda kulit dari pada sabun batang biasa, penggunaan secara teratur batang sindet yang lembut ini, terutama pada saat cuaca dingin dan kering, menolong kulit relatif lebih lembut daripada mgngunakan sabun biasa.

1 comment: