Monday, February 27, 2012

Macam-macam jenis pelembab

Lebih dari 3000 bahan aktif yang didaftar sebagai bahan pelembab yang dikelompokkan menjadi kelompok emolien humektan, oklusif dan bahan lain (miscellaneous).

Emolien didefinisikan sebagai bahan kosmetik yang digunakan untuk menjaga kulit tampak lunak, halus, licin dan lembut. Emolien dapat berfungsi sebagai pelembab karena kemampuannya membentuk lapisan pada permukaan kulit atau stratum korneum dan beraksi sebagai pelumas (lubrikan), untuk mengurangi kulit bersisik dan memperbaiki penampilan kulit. Contoh emolien adalah lanolin.

Humektan merupakan bahan aktif dalam kosmetik yang ditujukan untuk meningkatkan kandungan air pada permukaan kulit terluar. Bahan-bahan yang termasuk ke dalam humektan terutama adalah bahan-bahan yang bersifat higroskopis yang dapat digunakan secara khusus untuk tujuan melembabkan kulit. Contoh humektan adalah gliserin.

Oklusif adalah bahan aktif kosmetik yang dapat menghambat terjadinya penguapan air dari permukaan kulit. Dengan menghambat terjadinya penguapan air pada permukaan kulit, bahan-bahan oklusif dapat meningkatkan kandungan air dalam kulit. Contoh oklusif adalah petrolatum.

Kelompok bahan-bahan serbaneka (miscellaneous) didefinisikan sebagai bahan aktif kosmetik yang dapat digunakan untuk menciptakan efek khusus pada kulit. Bahan aktif ini meliputi bahan-bahan yang dipercaya dapat meningkatkan penampilan kulit yang kering atau rusak dan bahan lain yang apabila menempel pada kulti dapat mengurangi sisik serta memperbaiki kelenturan kulit, misalnya kologen.

Produk pelembab mengandung campuran bahan-bahan aktif tersebut dengan komposisi tertentu sehingga diperoleh suatu produk pelembab yang unik yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Pelembab yang paling efisien adalah produk pelembab yang tidak hanya memulihkan dan menyediakan kebutuhan air pada stratum korneum, tetapi mereka juga harus memfasilitasi pemulihan kerusakan kulit yang kering dan menyediakan agen untuk melindungi terjadinya kerusakan kulit berikutnya akibat hilangnya air dari permukaan kulit. Produk pelembab moderen mempunyai kemampuan ini bahkan melakukan fungsi yang lebih dari itu. Ingin tahu contoh -contoh pelembab moderen yang berkualkitas. Klik disini.

3 comments: