Monday, February 27, 2012

Sabun

Cleanser atau pembersih pertama yang secara luas dipakai adalah sabun batangan. Sabun merupakan garam natrium dari asam lemak, dibuat dengan menambahkan soda api ke dalam trigliserida yang berasal dari tanaman atau hewan. Trigliserida akan terhidrolisis dan membentuk molekul sabun dengan melepaskan gliserol.


Produk sabun pada zanan dahulu merupakan batangan kasar dari suatu sabun yang belum murni, lebih banyak digunakan untuk mencuci pakaian daripada untuk membersihkan badan. Sabun merupakan pembersih yang sangat efektif tetapi juga sangat efektif untuk mengikis lipid dan NMF dari kulit.

Efektivitas, pembusaan, dan efek yang menyebabkan keringnya kulit dari sabun tergantung dari panjang rantai asam lemak dari trigliserida yang digunakan dalam pembuatan sabun. Panjang rantai C12 mempunyai aksi pembusaan yang paling baik tetapi juga paling mengiritasi. Rantai yang lebih panjang dapat menyebabkan kurang larutnya sabun dalam air sehingga menyulitkan penggunaannya, namun mempunyai keutungan karena kurang mengiritasi, tidak terlalu membuat kulit menjadi kering dan lebih awet dalam penyimpanan setelah pemakaian karena tidak mudah menjadi lembek dalam wadah sabun.

Batang sabun biasanya dibuat dengan mencampur berbagai macam panjang rantai asam lemak, kadang dengan perbandingan molekul sabun 80/20 atau 70/30 rantai panjang (C16/18 atau lebih panjang) dengan rantai pendek (C12/14).

Sebelum memutuskan untuk menggunakan pembersih dengan efek yang kurang menyebabkan kulit menjadi kering, penting untuk mengetahui ragam jenis pembersih yang terdapat di pasaran saat ini cenderung memberikan perhatian pada kelembaban kulit. Pada awalnya pelembab dibutuhkan oleh konsumen untuk menjaga dan mencegah kulit menjadi kering, tapi akhir-akhir ini istilah pelembab dan teknologi pelembab mencakup semua aspek perawatan kulit yang diperlukan untuk menjaga kulit normal dalam kondisi sehat dan remaja.  Meskipun demikian, kulit yang kering masih merupakan problem karena dapat memicu terjadinya iritasi, fungsi yang terganggu dan mempercepat penuaan kulit. Bagi kalangan konsumen, penuaan kulit bukan merupakan kronologi tetapi ekspresi penurunan fungsi yang lebih awal dan menurunnya penampilan kulit.

No comments:

Post a Comment